Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Mangrove ? Duta Internasionalnya bikin kaget

unsplash


Sekilas Tentang Mangrove

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau, dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Ekosistem hutan bakau bersifat khas, baik karena adanya pelumpuran yang mengakibatkan kurangnya abrasi tanah; salinitas tanahnya yang tinggi; serta mengalami daur penggenangan oleh pasang-surut air laut. Hanya sedikit jenis tumbuhan yang bertahan hidup di tempat semacam ini, dan jenis-jenis ini kebanyakan bersifat khas hutan bakau karena telah melewati proses adaptasi dan evolusi.

Hutan bakau menyebar luas di bagian yang cukup panas di dunia, terutama di sekeliling khatulistiwa di wilayah tropika dan sedikit di subtropika.

Luas hutan bakau di Indonesia antara 2,5 hingga 4,5 juta hektar, merupakan mangrove yang terluas di dunia. Melebihi Brazil (1,3 juta ha), Nigeria (1,1 juta ha) dan Australia (0,97 ha) (Spalding dkk, 1997 dalam Noor dkk, 1999).

Luas bakau di Indonesia mencapai 25 persen dari total luas mangrove di dunia. Namun sebagian kondisinya kritis.[4]

Di Indonesia, hutan mangrove yang luas terdapat di sekitar Dangkalan Sunda yang relatif tenang dan merupakan tempat bermuara sungai-sungai besar. Yakni di pantai timur Sumatra dan pantai barat serta selatan Kalimantan. Di pantai utara Jawa, hutan-hutan ini telah lama terkikis oleh kebutuhan penduduknya terhadap lahan.

Di bagian timur Indonesia, di tepi Dangkalan Sahul, hutan mangrove yang masih baik terdapat di pantai barat daya Papua, terutama di sekitar Teluk Bintuni. Mangrove di Papua mencapai luas 1,3 juta ha, sekitar sepertiga dari luas hutan bakau Indonesia.

Peta Mangrove 2021

Empat kementerian dan lembaga (K/L), yakni Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Badan restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) dan Badan Informasi Geospasial (BIG) berkolaborasi untuk merilis Peta Mangrove Nasional 2021.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan Peta Mangrove Nasional 2021 merupakan hasil pemutakhiran penyusunan peta yang telah dilaksanakan sejak 2013 untuk menyatukan langkah dalam upaya rehabilitasi mangrove.
Dengan peta ini, kata dia, pemerintah telah menerapkan kebijakan satu peta (one map policy) tematik mangrove yang melibatkan semua kementerian, dengan penanggung jawab KLHK.
“Peta itu jangan hanya dilihat sebagai kartografik atau gambar namun terdapat unsur politik di dalamnya ada rule based, aturan main, kebijakan-kebijakan dan kemudian didelineasi artinya ditentukan garis garisnya sehingga semua kementerian akan terlibat menjaga dan mengelola mangrove dengan baik,” kata dia.
Lebih lanjut Menteri LHK menjelaskan, hasil analisis data menunjukkan terdapat kenaikan luasan mangrove eksisting seluas 52.835 hektare (Ha) dari Peta Mangrove Nasional 2013-2019 yang seluar 3.311.245 (Ha) menjadi 3.364.080 Ha pada peta 2021.


Christiano Ronaldo Duta Mangrove Internasional

Pada tahun 2013 lalu, Christiano Ronaldo pernah menjadi Duta Mangrove Internasional, dan ternyata beliau ini bangga banget menjadi duta mangrove internasional. Alasan kenapa doi banget menjadi duta mangrove bisa disimak berikut : 

Cristiano Ronaldo mengungkapkan alasannya menerima tugas sebagai Duta Mangrove Indonesia saat konferensi pers di Hotel Kartika Plaza, Kuta, Rabu (26/6/2013) malam. Ronaldo menilai pentingnya mangrove setelah melihat kehancuran luar biasa saat tsunami Aceh tahun 2004 silam. 

"Saya datang tujuh tahun lalu pergi ke Aceh setelah tsunami. Saya melihat kehancuran, sangat menyadari terhadap permasalahan mangrove," ujar Cristiano Ronaldo yang menjawab dengan bahasa Inggris. 

"Ketika Tomy (Winata) meminta saya (menjadi duta), saya sangat bersemangat untuk terlibat, ide ini memberi saya banyak motivasi," imbuhnya.

Cara Untuk Menjaga Kelestarian Hutan Mangrove 

Hutan mangrove memiliki peran besar di dalam keseimbangan ekosistem, akan tetapi semakin hari semakin banyak oknum yang tak bertanggung jawab yang secara sengaja merusak keberadaan hutan mangrove untuk kepentingan pribadi. Pada saat ini hutan mangrove semakin terancam keberadaannya.

Untuk mengatasi kerusakan hutan mangrove, Inilah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan mangrove :

  1. Melakukan Pembibitan Tanaman Mangrove
  2. Penanaman Kembali Hutan Mangrove
  3. Memperbaiki lingkungan sekitar hutan mangrove
  4. Melakukan budidaya kepiting mangrove
  5. Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya hutan bakau ini

Kesimpulan

Negeri Indah ini, begitu kaya dengan berbagai macam tanaman baik itu yang memang disebutkan dalam Alquran ataukah tidak. Ini menjadikan kita seharusnya bersyukur atas hal tersebut. Wujud bersyukurnya dengan apa, ya dengan menjaga alam ini menjadi semakin baik. Minimalnya kita tidak membuang sampah sembarangan, baik dipantai, disekitar rumah, disungai. 

Wallahu a'lam bishowab.

Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Hutan_bakau
https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/572866/empat-k-l-kolaborasi-rilis-peta-mangrove-nasional-2021
https://regional.kompas.com/read/2013/06/26/1946266/Mengapa.Ronaldo.Bersedia.Jadi.Duta.Mangrove.Indonesia.
https://www.kompasiana.com/sariwahyuni/6083daafd541df47bd4581d2/5-cara-menjaga-kelestarian-hutan-mangrove?page=2&page_images=1

Posting Komentar untuk "Apa itu Mangrove ? Duta Internasionalnya bikin kaget"